Hobby Yang Terabaikan

Kalau beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menceritakan hobby sayaย disini , sebenarnya ada lagi hobby yang sudah sejak jaman SMP saya tekuni tapi sekarang-sekarang ini sudah mulai menurun trafficnya karena sudah nggak ada waktu, hiks ๐Ÿ™ . Apakah itu?

Menggambar (baca : mendesain baju).

Awalnya saya cuma suka menggambar aja, nggak mengkhususkan diri untuk membuat desain baju. Tapi berhubung mendadak terinspirasi sama salah satu lomba di harian pagi di Jawa Timur waktu saya masih SMP, alhasil kecemplunglah saya sama dunia desain yang hanya saya pelajari secara otodidak itu. Namun walaupun otodidak, saya toh memberanikan diri juga untuk mengisi posisi sebagai desainer di salah satu perusahaan garment di Malang – Jawa Timur :D. Modal nekat & pengetahuan tentang jahit yang nol besar, tapi toh betah juga saya jalani sampai dengan 3 tahun lamanya sebelum saya berkarir di dunia telekomunikasi. Dua-duanya sama-sama nggak nyambung dengan background edukasi saya sih, tapi apa salahnya mencoba hal-hal baru, toh semua pasti ada ilmu yang bisa kita ambil & terapkan di pekerjaan kita yang lain jika nantinya kita masih berniat mencari pekerjaan baru. Gitu aja sih pikir saya waktu itu ๐Ÿ˜€ .

Dari satu, dua desain menjadi puluhan bahkan ratusan desain yang sudah saya buat untuk saya pakai sendiri, untuk keluarga, atau teman. Wong namanya otodidak, ya ngerancangnya suka-suka saya, se-mood-moodnya saya. Inspirasi kan nggak bisa dipaksakan ya ๐Ÿ˜€ . Sampai teman-teman saya yang pesen suka ngeledek , ” Dev, gue nggak tahu elunya masih inget apa nggak, kayanya gue pernah pesen bikinin gambar ke elu, gue mesti nunggu berapa tahun lagi ya biar desain buat gue kelar? ” , gyahahahaha.. Ya begitulah, namanya itu tadi.. nunggu mood & senggangnya waktu, baru saya bikinin. Namanya gratis ya mesti sabarlah.. *dilempar sapu* .

Pernah beberapa tahun lalu iseng saya ikut nyerahin desain ke majalah GADIS, dua buah rancangan busana promnite party buat remaja. Saya yang waktu itu sudah kuliah & ngerasa sudah agak ketuaan untuk segmen pembaca majalah remaja favorit saya sejak SMP ini, lagi-lagi nekat. Kirim ajalah, siapa tahu dimuat. Lumayan untuk mengukur kemampuan diri sendiri. Eh ternyata beneran dimuat lho xixixix. Lah, kok bisa? Iyalah, wong saya pakai identitas adik saya yang waktu itu masih kelas 1 SMA. Alhasil, adik saya dikasih selamat oleh seluruh penjuru sekolah & dia nggak tahu apa-apa :D. Oh ya, jangan salah, gambar mereka bagus-bagus banget lho.Ya, kepuasan tersendiri melihat gambar saya terpampang di majalah gaulnya para gadis itu ๐Ÿ˜€ .

Berikutnya, kali ini saya pakai identitas jujur nih, saya iseng kirim lagi keย majalah Cita Cinta . Pas dikantor mendadak banyak yang kasih komentar & kasih selamat. Lho, ada apa nih? Kirain karena saya habis ulangtahun. Wong saya juga nggak banyak berharap dimuat karena pasti banyak yang lebih ok daripada saya nih. Baru ngeh ketika salah satu teman saya di HRD kasih lihat majalahnya & ada sekelumit profil saya & 2 desain saya terpampang disana. Siangnya saya juga langsung ditelpon sama mbak dari majalah Cita Cinta untuk konfirmasi masalah honorarium. Ah senangnya, Walaupun nggak seberapa tapi lumayanlah, keisengan saya bermanfaat juga ternyata ;)) . Makanya pas kemarin dapat kesempatan untukย menulis tentang pagelaran Jakarta Fashion Week saya seneng banget, seolah nostalgia aja ๐Ÿ™‚ .

Sekarang sih masih suka nggambar, tapi sudah nggak seaktif dulu. Lebih sering beli baju jadi entah buat pesta atau sehari-hari. Bukan apa-apa, pilih praktisnya aja. Toh kalaupun iya baju pesta, saya juga jarang pesta. Lebih sering mix & match aja. Kecuali kebaya ya. Kalau kebaya kayanya saya tetep harus bikin. Jadi inget sama kain yang mangkrak di lemari belum sempat saya apa-apain & mau saya bikin desainnya seperti apa padahal pernikahan adik saya kurang 2 bulan lagi :(( .

[devieriana]

sumber gambar: foto pribadi

You may also like

24 Comments

  1. Deviiiii…
    Terusin hobbiiimu..mwaduh sayang bgt gak di wujudkan kalau punya bakat, sapa tau bisa buat income tambahan..hehhehe
    Paling enak tuh kerja sesuai hobii..hehehhe
    Selamat tahun baru ya jeung, moga tahun ini aku bisa pesen kebaya ama kamu, hehehhehe

  2. hihihi, iya jeung.. Pengennya menekuni lagi, tapi ketutup sama aktivitas dalam 2 tahun terakhir ini. Tapi baiklah, nanti akan ku review lagi deh :mrgreen:

    Btw, apa, pesan kebaya? woogh, kayanya ada yang mau ngundang-ngundang party nih.. hmm.. *nyiapin desain kebaya* ๐Ÿ˜‰

  3. wow! cool hobby. mau dong mbak aku dibikinin desain baju yg keren.. hoho. secara aku ndak bisa gambar sama sekali. :DD

  4. wah, tampaknya sampean harus fokus mba,
    banyak kemampuan tanpa ketekunan hanyalah lembaran halaman koran.

    kutunggu suksesmu mba.

  5. kaos batik kembang=kembang? (emang daster?)

    pake hiasan untaian borci-borci di pinggul sekalian nggak El? xixixixi..
    Elia : “emang gue Inul?” :mrgreen:

  6. iya, fokus adalah salah satu resolusi tahun 2010 :mrgreen:
    Yang ditekuni sekarang lebih banyak di menulisnya ๐Ÿ˜ฅ
    Thanks for reminding me, darling.. ๐Ÿ™‚

  7. wahhh, mba dev,, keren banget, jadi pengen baca majalahnya itu yang ada mba dev nya ๐Ÿ˜€
    salam kenal ya *halah* ๐Ÿ˜€

  8. mbok aku di designin jas gitu loh…yang keren…kayak neo mtrix gitu wkwkkwkwkwkw….tapi ojo pake fayet2 ya…dak suka aku..kwkwkwk gubrakssssssss sejak kapan jas pake fayet…

  9. wah… ternyata hobby ‘oret- oret ‘ kertas trus diwarnai jaman smp dulu berlanjut yo… he.. he.. *inget temen sebangku kelas 1 smp dulu’ sukses yo dev…. salam sama echa ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *