Catatan di Hari Ke-138

Tak terasa kita sudah 138 hari melakukan segala aktivitas dari rumah. Tahun yang lumayan berat bagi semua orang. Tentu masih segar dalam ingatan ketika pandemi melumpuhkan hampir seluruh negara di dunia, dan bagaimana pandemi mengubah seluruh tatanan sosial, ekonomi, budaya, hingga kepemimpinan politik.

Pandemi menjadikan semua terpaksa harus dilakukan dari rumah. Salah satunya adalah sekolah. Bukan sebuah hal yang mudah terutama bagi anak, yang nature-nya adalah bermain, menyentuk, memeluk, berinteraksi secara langsung dengan teman-temannya.

Demikian halnya dengan Alea. Anak yang baru senang-senangnya bermain bersama teman-temannya ini terpaksa harus bersekolah di rumah hingga menjelang akhir masa sekolah TK-nya. Zaman sekarang, berhubung level TK saja sudah mengenal istilah wisuda, maka wisuda TK Alea pun terpaksa harus dilakukan secara daring. Semua bahan untuk pembuatan video wisuda harus dikumpulkan secara digital melalui google drive sesuai dengan format yang telah ditentukan. Semua prosesi wisuda, pengalungan medali kelulusan dan pemberian ucapan selamat pun dilakukan oleh orang tua siswa. Ya, anak-anak wisuda sendiri di rumah.

Sekalipun mereka belum paham sepenuhnya makna dan tujuan wisuda, tapi saya yakin kelak era wisuda online ini akan menjadi kenangan tersendiri ketika mereka dewasa. Ketika pandemi telah usai, dan manusia bisa kembali beraktivitas dan berinteraksi dengan manusia lainnya secara normal.

Tahun 2020 juga menjadi tahun awal Alea masuk SD. Beruntung semua proses seleksi siswa sudah dilakukan di akhir tahun 2019. Jadi siswa yang dinyatakan lolos seleksi tinggal masuk dan mulai bersekolah di tahun ajaran baru. Tentu saja proses pembelajaran masih dilakukan jarak jauh secara daring. Berbekal pengalaman di masa TK yang sudah mengena pembelajaran daring, maka ketika beralih ke SD dan masih menggunakan cara belajar yang sama, Alea relatif lebih mudah menyesuaikan. Walau tentu tidak semua anak betah berada di depan PC/laptop dalam waktu yang lama, ya.

Sesekali siswa (didampingi orang tua) harus ke sekolah, sekadar untuk mengambil bahan pembelajaran atau memenuhi jadwal vaksin. Namun, walau hanya sebentar, dan tidak sempat bertemu dengan semua teman sekolahnya, Alea gembiranya bukan main. Serindu itu dia bersekolah.

Semoga semua anak era Covid-19 ini masih betah belajar daring hingga pandemi berakhir. Dan, yang lebih penting adalah semoga para orang tua masih punya stok sabar yang berlimpah dalam menemani anak-anak belajar di rumah, ya.

Selamat menjalani tahun ajaran baru, anak-anak. Tetap semangat belajar walau masih di rumah, ya. Semangat, semuanya!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *