Opera Van Java

operavanjava

Apakah Anda termasuk penggemarΒ  tayangan komedi slapstik Opera Van Java di Trans7 ? Kalau “ya” berarti sama seperti saya :D. Tayangan yang runningΒ di prime time Β ini memang menyajikan konsep humor segar berlatar belakang legenda, cerita rakyat atau sejenisnya yang dikemas secara ringan dengan iringan gamelan modern/kontemporer.

Pemain tetap di acara ini : Sule, Azis Gagap, Andre Stinky, Nunung Srimulat, Parto, ditemani oleh 2 sinden & para pengrawit (pemain gamelan & instrumen lainnya). Kemampuan melawaknya sangat merata karena mereka sebenarnya bukan orang baru di dunia lawak (kecuali Andre Stinky karena dulu dia lebih dikenal sebagai penyanyi). Walaupun begitu, Andre yang sudah terbiasa bermain di tayangan komedi Ngelenong Yuk di TransTV celetukan-celetukannya lumayan berpotensi memancing kelucuan.

Yang saya perhatikan disini, gaya lawakan mereka sejak tayangan pertama sampai dengan sekarang tetep sama, slapstick. Hampir di setiap episode pasti ada adegan timpuk-timpukan sterofoam, adegan ‘makan’ styrofoam, ngejorokin lawan mainnya ke set properti panggungyang terbuat styrofoam. Sesekali memang masih terlihat lucu, tapi ketika porsi adegan itu terlalu sering kok jadinya malah kasar, ya? πŸ˜•

Ada yang sedikit berbeda sejak tayangan sahur 2-3 hari yang lalu. Tepat ketika Azis (yang hampir selalu menjadi bulan-bulanan teman-temannya) mendadak melakukan aksi protes dengan mogok tampil karena habis ditimpuk kepalanya sama Andre. Nggak tahu apakah marahnya beneran atau cuma akting, yang jelas memang Azis sempat mogok main selama beberapa menit, sengaja tidak mau tampil & seketika lawakan di OVJ mendadak garing dan salah tingkah. Ironisnya itu adalah tayangan live yang tidak mungkin diedit. Andre yang menjadi ‘tersangka’ ngambegnya Azis memang jadi melawak dengan sedikit kikuk walaupun kesan ditutupi itu masih terlihat.

Entah apakah ada pengaruh atau tidak, sejak tayangan itu tampaknya tim kreatif memberlakukan hal yang sedikit berbeda terhadap materi tayangan di OVJ. Porsi adegan perusakan properti panggung yang terbuat dari styrofoam, timpuk-timpukan, atau saling menjorokkan temannya sudah mulai banyak dikurangi. Entah berawal dari ngambegnya Azis atau memang kesadaran tim kreatif Opera Van Java.

Mungkin mereka akhirnya menyadari kalau tayangan hiburan itu tidak cuma ditonton oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak; mengingat jam tayangnyapun di prime time & apalagi sekarang ditambah dengan tayangan live sahur. Kalau dilihat dari segi edukasi juga kurang bagus apalagi kalau sampai sampai ditiru oleh penonton anak-anak yang notabene masih belum bisa membedakan mana akting dan mana beneran. Apa jadinya kalau sampai tingkah laku mereka di TV ditiru oleh anak-anak. “Oh, ternyata mukul temen pakai kayu atau pipa iu gapapa…”, “oh ternyata ngejorokin temen sampai terjerembab jatuh ke belakang itu ternyata lucu…”

Above all, tayangan ini masih jadi salah satu tayangan favorit Trans7 yang ratingnya lumayan bagus. Sebuah tayangan komedi seyogyanya tidak cuma sekadar beradegan lucu yang memancing tawa penonton, tapi sebaiknya juga mempertimbangkan unsur kelayakan tayang, dan juga unsur-unsur lainnya mengingat penonton mereka datang dari berbagai usia. Jika memang ada materi yang kurang sesuai disaksikan oleh semua kelompok umur ada baiknya jika tim kreatif juga menyertakan disclaimer yang menyatakan keterangan tentang tayangan tersebut.

Semoga ada perhatian dari pihak Trans7 untuk lebih bijak mengolah semua tayanganya, mengingat media televisi adalah media yang paling mudah diserap informasinya oleh semua umur.

[devieriana]

gambar diambil dari sini

You may also like

27 Comments

  1. sedikit koreksi mbak… tayangnya Trans 7, bukan Trans TV.. makasih…

    Hahhh.. iyaaa.. saya penggemarnya… (:D)…
    Hampir setiap ada acara ini (yg malam) kami, manusia-manusia pria yang terdampar di Maumere, dankebetulan tinggal dalam satu mess, bakal mengeluarkan ciri khas ngakaknya masing-masing buat acara ini…. ada yang ngkkekekeekek, ngiikkk ngiikkk… akwkakwkakwak…. gargagrgagragrgagara…. macam”lah..

    hheheheheh

    senang kok acaranya…
    πŸ˜€

  2. woyaaahhh… mistype.. tengkyu boss.. udah diedit πŸ˜€

    iya nih tontonan yang bisa ngakak kepingkel-pingkel. Lawakannya spontan tapi masih terarah.. Bisa keselek-selek nih kalo nonton ini sambil makan, hakhakhakhkahkha.. :mrgreen: :mrgreen:

  3. Opera Van Java ini skrg jd program TV paporitku (pake p :-p) mba, lawakannya segar dan bener2 lucu jd ga garing, bahkan skrg ada bbrp stasiun TV yg ngikutin konsep acara ini…

  4. paporit ya, bukan kaporit? xixixixi :mrgreen: . Ya biasalah kan stasiun televisi kita itu suka latah. Begitu ada 1 stasiun tv yang nayangin program baru yang ratingnya bagus langsung deh serempak pada bikin. Inget kan kaya acara Termehek-Mehek, Jika Anku Menjadi & beberapa program sejenis? Bedanya cuma stasiunnya mana & hostnya siapa, dah itu aja.. Selebihnya samaaaa… πŸ˜€

  5. aku paling salut dengan team creative-nya yang menggunakan semua propertinya pake foam, hahaha, walaupun iya sih gak go green jadinya :p

    ngefans sama Aziz gagap !!! hahahahaha

  6. iya.. gara-gara OVJ popularitas si azis jadi naik.. Aku juga heran sih, gimana caranya ya mereka bisa bikin banyak banget properti dari sterofoam kaya gitu..
    *elus dagu, mengernyitkan hidung*

  7. hahaha… iya… lagian pihak OVJ kan gak bisa dituntut kalo sampe hidung saya jadi mancung kedepan, gara-gara (hidung) nya keselek nonton acara ini..

    hahahahah

    *senang deh blogwalking di blog ini…
    πŸ˜€

  8. Yg tau berapa banyak styrofoamnya adalah anak set decor, aku gak paham soal ini hehehe.
    Tapi kalo mau serius nanya, bisa aja sih aku tanyakan sama boss nya πŸ™‚

  9. ahiahahaahahaha… hanya meneruskan.. tapi asline aku yo pengen tahu sih πŸ˜€
    Salam buat anak-anak set dekor.. two thumbs up buat kreativitasnya menghidupkan panggung dengan karya sterofoamnya πŸ˜‰

  10. “Kalau dilihat dari segi edukasi juga kurang bagus jika sampai ditiru oleh penonton anak-anak” setuju mba Dev, harusnya dikasih rate ‘parental guidance’ ya, biar ortunya ‘ngeh’ wajib ngasih penjelasan ke anaknya.

  11. hehehe, tapi kayanya sih udah jarang adegan “kekerasan” gitu mas.. Coba perhatiin deh.. pokoknya sejak “insiden” azis ngambeg itu..
    *sok tau*, xixixixixi..

    Ya intinya, humor itu bisa tetep lucu asal materinya “ngena”, jadi ya nggak harus slapstik. Kan penonton kita juga udah berubaah seleranya, bukan lagi film-film lawak slapstik macam warkop (walaupun sampai sekarang tetap digemari ya) πŸ™‚

  12. kira-kira OVJ ini masuk kategori humor cerdas ndak ya? (nginget2 artikel maspaman di ngerumpi.com)
    tapi saya suka juga kok nonton OVJ, daripada yang setelahnya, apalagi yang setelahnya lagi (hayah)

  13. humor slapstik pastinya πŸ˜€
    Saya juga suka banget, leluconnya selalu segar & menghibur ya Nguk yaaa..
    Makasih udah main ke sini.. πŸ˜€

  14. sya sngat sk dgn acara OVJ apalagi sm azis ga2p n sule mrka tuh kocak bgtz n bwt dalang parto jgn ngmbek truz sm wayang’x

    OvJ pokok’x gokilllzzz abieeezzz deccch

  15. embeer.. πŸ˜€
    sebenernya humornya seger, cuman kadang kesannya kasar kalo udah timpuk-timpukan. Mungkin subjektif ya, tapi kalo sampai diliat sama anak kecil & ditiru, jadi miris. Tapi untunglah sekarang udah ada disclaimer : “adegan ini jangan ditiru”. Ternyata pihak TRANS7 ada perhatian untuk memberikan edukasi ke penontonnya .. πŸ˜€

  16. Iya, gara-gara email ini saya kirimkan ke beberapa teman TRansTV sekarang OVJ sudah ada disclaimernya yang bilang (intinya) materi yang digunakan buat timpuk-timpukan itu menggunakan bahan yang lunak & tidak berbahaya.. Coba perhatiin di setiap adegan timpuk-timpukannya deh πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *