Sayembara Voice over MRT Jakarta Itu

Beberapa waktu lalu, Mass Rapid Transit Jakarta (MRT) Jakarta menggelar sayembara untuk mencari pengisi suara di stasiun dan kereta. Hadiahnya pun tak main-main. Bagi pemenang sayembara pengisi suara MRT Jakarta, akan mendapatkan hadiah berupa uang Rp 35 juta. Wow!

Nah, kebetulan saya ikut mengirimkan suara di sayembara itu. Walaupun agak nekat ya, karena sebelum membuat rekaman saya sudah sepenuhnya sadar kalau yang akan ikut sayembara ini pasti kebanyakan dari kalangan yang sudah berpengalaman di bidang kepengisisuaraan. Seperti contohnya penyiar, voice over talent, dan news anchor. Tapi ya namanya mencoba peruntungan, tidak ada salahnya dicoba. Siapa tahu rezeki, kan?

Namun sesungguhnya motivasi saya ikut sayembara bukan semata-mata karena ingin 35 jutanya. Tapi lebih ke menuntaskan rasa penasaran dan memberi tantangan kepada diri sendiri. Bagaimana sih rasanya suara kita bisa didengar oleh lebih banyak orang?

Jujur, hal rekam-merekam suara ini masih awam buat saya, pun halnya tentang jenis suara seperti apa yang diidealkan oleh MRT Jakarta, suara yang dianggap layak diperdengarkan di stasiun dan kereta. Sambil mereka-reka seperti apa dan bagaimananya, sayapun membuat standar sendiri tentang bagaimana suara yang seharusnya didengar oleh para penumpang MRT Jakarta. Dengan catatan standar suara saya bisa jadi berbeda dengan standar suara peserta lainnya.

Berhubung latar belakang pekerjaan saya dulunya di bidang pelayanan dan customer service, maka sebelum membuat rekaman, saya posisikan terlebih dahulu diri saya adalah sebagai pengguna layanan. Kira-kira suara seperti apa sih ingin didengar oleh para penumpang? Kalau menurut saya ya suara yang terdengar empuk, lembut tapi tidak menye-menye, ramah namun tegas, smiling voice, dan tetap informatif.

Nah, bicara soal smiling voice nih, saya sering menggunakannya ketika harus menginformasikan sesuatu yang tanpa harus bertatap muka. Tentu saja ini informasi yang netral dan bukan berita duka, ya.

Customer service terbagi menjadi dua. Customer service by online (callcentre) dan customer service offline (tatap muka). Kalau customer service tatap muka, pelanggan bisa melihat ekspresi wajah, intonasi suara, dan gesture kita secara langsung saat melayani mereka. Tapi tidak demikian dengan layanan di callcentre. Pelanggan hanya bisa mendengar suara kita. Suara yang ramah membuat pelanggan merasa dilayani dengan nyaman. Dari sanalah dasar saya membuat rekaman suara.

Kembali lagi ke proses perekaman suara hingga pengiriman e-mail. Saya melakukan proses perekaman suara di rumah (home recording) berdasarkan script yangs udah diberikan oleh MRT Jakarta. Yaitu Saya pastikan kondisi rumah dan lingkungan sekitar dalam keadaan tenang sehingga tidak ada noise yang masuk ke dalam rekaman.

Nah, berhubung sempat galau jadi ikut atau tidak, berdasarkan ketetapan hati akhirnya pengiriman rekaman dan video saat rekaman dilakukan 2 jam mendekati batas waktu akhir pengiriman rekaman. Deg-degannya setengah mati. File yang lumayan besar itu membutuhkan waktu tersendiri sampai berhasil terkirim ke alamat e-mail panitia.

Selang setelah sekian lama menunggu, akhirnya di 15 Januari 2021, 10 nama finalis pun diumumkan via akun Instagram MRT Jakarta. Nama saya memang tidak ada di sana. Tapi saya cukup berbesar hati kok menerima keputusan MRT Jakarta. Seperti yang saya sempat sebut di atas, mereka mungkin sudah punya standar suara sendiri yang dianggap ideal.

Nah, daripada file rekaman suara saya biarkan saja di HP, akhrnya saya iseng mengunggahnya di akun Instagram saya. Tak berharap banyak akan dapat respon seperti apa. Tapi ternyata semuanya di luar dugaan. Alhamdulillah banyak dukungan dan komentar positif yang saya dapatkan. Berarti sebenarnya suara saya tidaklah jelek-jelek amatlah, ya. Hanya saja memang belum rezeki saya.

Sejauh ini sih ikut sayembara voice over MRT Jakarta ini adalah kegiatan terseru selama tahun 2020 yang katanya suram ini.

Sehat-sehat ya, semuanya…. 🙂

  • devieriana –

ilustrasi gambar dari sini

You may also like

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *